Senin, 19 November 2012

Pandang Island, Kab. Batu Bara, Sumatera Utara

so, saya taunya pulau ini dari hasil search google. lupa tepatnya bulan berapa, kayanya sih sekitar sebulan sebelum UN kita berangkat. 
jadi kita perginya ber 5 sama temen2 sekolah. stel nekat sih, soalnya kita pergi sabtu sore gitu sepulang dari sekolah, nginep di limapuluh di komplek ptpn IV rumah ibu saya.
setelah berberes tas di kamar, mandi dan bersih-bersih, kita duduk-duduk santai gitu di teras rumah si ibu, terus tiba-tiba diantara kita ada yg ngomong duluan "makan duren enak nih" jadilah kami harus ke kota dulu yg jauhnya 9 km dari tempat kami menginap untuk duren yg harganya lagi mahal-mahalnya pula hahahaha lagi ngga musim kayanya kemaren sih.
selagi dikotanya, kita sekalian beli makanan-makanan gitu buat bekal besok kita di pulau pandang.

sekitar jam setengah 3 pagi kita semua dibangunin sama si ibu, setelah bawa peralatan perang kita, kaya kaca mata renang, jaket buat di kapal, baju ganti, kamera, makanan dan minuman, kita langsung go to pelabuhan batu bara yang ditempuh cuma sekita 30 menit gitu.
setelah cincau-cincau sama nelayan disana buat nyewa kapalnya, akhirnya kita dapet harga 500ribu/kapal/hari. jadi kita nyeberang ke pulau pandang nggak cuma berlima kok, ada wakjon juga, ada si om dan 2 temen om yang ikutan. jadi kita di aterin dulu ke pulau pandang, terus nanti kapalnya di pake sama om-om itu untuk ngelilingin lautan buat mancing.
oke perjalanan ternyata ngga pernah semulus di ftv, kilat dan petir ada dimana-mana, kita naik kapal nelayan tanpa pelampung, no signal and no lighting.
sekitar 3 setengah jam beradu dengan kegelapan di atas laut dan di takut-takutin sama ombak-ombak yg keliatan kaya mau nelan gitu, akhirnya kita jumpa satu pulau, bukan-bukan itu bukan pulau pandang, itu namanya pulau salah nama, pulau salah nama lebih besar dari pulau pandang, tapi daratannya lebih sedikit, setengah jam dari pulau salah nama sampailah kita di pulau pandang. pasirnya putih, airnya biru muda, ini pantai paling bagus di pulau sumatera utara.
oya, pulau ini dijaga marinir gitu, soalnya jarak pulau ini sama negara tetangga malaysia cuma sekita 20-30 menitan, takut-takut kalau pulau kita di ambil negara tetangga lagi, makanya di jaga sama bapak TNI AL ini.
di pulau ini kita juga mesti sopan, dan niatnya asli cuma untuk liburan bukan yang lain, kabarnya penunggu pulau ini seekor ikan hiu tua yg tinggal di gua bawah air pulau tersebut, dan keluar cuma dalam situasi mendadak gitu, terus denger-denger dari cerita orang-orang batu bara, banyak orang nggak bisa pulang kalau ke pulau pandang, kadang ada juga yang tenggelam di laut, tapi menurut saya sih, selama niat kita baik dan nggak 'macem-macem', sopan santun dengan orang di sekitar situ, ngga ngomong sembarangan dan tetep inget Tuhan, insya Allah kita selamat lahir dan batin, dunia dan akhirat amin hahaha :D

kalau kalian pernah nonton laskar pelangi, tau dong batu-batu besar yang ada di belitung? nah! pulau pandang juga punya!
kemudian di pulau ini ada satu sumur yang memang cuma satu-satunya, "yakin ada yang keren dari sumur ini?" yakin lah!!!! sumur ini adalah sumur air tawar padahal di sekeliling pulau ini air asin semua. jadi kata bapak marinir tadi, "kalo ngga percaya, cak lah tes" hahahaha.
terakhir yang paling waw dari pulau pandang ini adalah, kita bisa naik ke puncak dari pulau ini, yang jalannya itu masih tanah dan bebatuan, kalo lagi musim hujan nggak disarankan sih. nah, dari atas puncak ini kita bisa liat pulau salah nama tadi, terus kita juga bisa ngeliat ombak-ombak laut yang menghantam batu-batu besar yg kaya di belitung tadi. keren kan?
yang lebih kerennya lagi, di pulau ini no signal sama sekali, jadi untuk yg liburan cuma kepingin update jangan kesini.
setelah puas ngelilingin pulau pandang yang 'rawr' ini akhirnya kita pulang dengan kapal nelayan tadi lagi. so petualangan kita ngga cuma sampe disitu aja, kita masih diajak keliling lagi naik kapal sambil ngeliatin para pemancing-pemancing handal ini mancing. dan kerennya dapet 3 ikan tenggiri besar-besar lagi, ngga sia-sia emang hahaha :D
satu lagi yang ngga bisa dilupain adalah jumpa dolphin di perairan batu bara ini. kereeeeeen!










Tidak ada komentar:

Posting Komentar